foto ilustrasi belajar ielts kampung inggris pare kediri jawa timur

Informasi Umum Mengenai tes IELTS

Jika anda kebingungan ingin melanjutkan sekolah dan memilih untuk lanjut di luar negeri, maka kami sarankan untuk belajar IELTS. Berdasarkan dari banyak pengalaman membagikan informasi tentang luar negeri yang bermula dari kursus IELTS. Selain bertujuan untuk beasiswa, IELTS juga diperuntukkan dalam beberapa tahapan. Sebagai contoh ketika anda ingin mendaftar PhD, anda diminta untuk menyusun proposal, atau untuk mendaftar master. Sebagai prasyarat, anda akan diminta untuk menuliskan statement of purpose. Prosposal penulisan serta statement of purposedituliskan dengan gaya bahasa khusus yang disebut dengan (academic writing), gaya academic writing anda pelajari ketika belajar IELTS.

Dalam profesi pendaftaran lumayan memakan banyak waktu dan energi, selama pendaftaran anda akan banyak berkomunikasi bersama tim admisi kampus atau dengan supervisor. Terlebih lagi bila waktu wawancara, karena dalam lingkup akademik maka harus menggunakan bahasa resmi atau bahasa formal pada saaat komunikasi tersebut. Bahasa formal yang demikian tersebut dipelajari di IELTS.
Apa itu IELTS?

IELTS adalah sistem yang dirancang khusus untuk sertifikasi bahasa inggris, berdasarkan kemampuan yang dimiliki. IELTS merupakan singkatan dari International Language Test System.IELTS dikenal dengan alur beasiswa keluar negeri, berbeda dengan TOEFL yang lebih dikenal dengan beasiswa dalam negeri. IELTS umumnya diterima oleh institusi di Negara Australia, Inggris dan Selandia baru. Penyelenggaraan tes IELTS bekerjasama dengan Universitas Camridge, British Council dan IDP Education Australia. Untuk IELTS berfokus pada bahasa Inggris Britania atau British.

IELTS terbagi menjadi dua jenis : pertama academic yang dirancang atas kebutuhan belajar undergraduate dan postgraduate level, Kedua general training khusus bagi yang ingin bermigrasi bahasa atau pindah bahasa ke English-speaking country dengan pilihan (Australia, Canada, New Zealand, dan UK) dan juga bagi kebutuhan training dan studi dibawah level undergraduate (SMA, dst).

General Training IELTS Academic
• train or study at below degree level
• work or undertake work-related training in an English-speaking country
• emigrate to an English-speaking country
• study at university at undergraduate or postgraduate level; or
• join a professional organisation in an English-speaking country

Fokus pembahasan kami pada artikel ini adalah Academic IELTS, terkait dengan tujuan utama pelajar IELTS untuk mencari beasiswa atau sebagai prasyarat kerja. Di Phinisi Course modul pembelajaran kami juga Academic IETLS.

Bagaimana test IELTS?
Tes IELTS berupa paper based, semua jawaban ditulis tangan, berbeda dengan Toefl yang semua jawaban computer based. Bahkan jawaban untuk IELTS menggunakan pensil memudahkan untuk dihapus kembali bila terjadi kekeliruan, pada saat masih ada waktu ketika tes.

Tes IELTS terdiri empat bagian,
1. Listening terdiri dari 4 sesi, total 40 soal, waktu 30 menit.
2. Reading, 3 sesi, 40 soal, 60 menit
3. Writing, 2 soal, 60 menit.
4. Speaking, 3 sesi, 11-14 menit (diwawancarai oleh Native speaker (penutur bahasa asli)).peserta tes akan diminta untuk berbicara dengan native speaker secara langsung. Peserta akan ditanya beberapa pertanyaan tentang dirinya sendiri dan sebuah topik.

Tes IELTS berdurasi lebih lama dibandingkan TOEFL yaitu dapat mencapai 2 jam 45 menit.
Skor IELTS berkisar dari 1-9. Makin tinggi nilai anda berarti semakin fasih kemampuan bahasa Inggris. Setiap bagian (band) yang akan ditotal dan dirata-rata. Masing-masing bagian atau (band) memiliki porsi yang sama, yaitu 25%. Untuk beasiswa Chevening, dibutuhkan skor 6,5, minimal dari band score 5,5 yang artinya sekalipun nilai anda rata-rata 8 tapi nilai speaking-nya 5, berarti chevening tidak bisa meluluskan.

Berapa Target Skor yang harus kamu raih?
Mengutip dari beberapa pengumuman persyaratan beasiswa bergengsi
• Beasiswa LPDP dalam negeri. Skor IELTS 6,0
• Beasiswa LPDP luar negeri. Skor IELTS 6,5
• Beasiswa Fullbright, IELTS 6,0
• BEasiswa Chevening, IELTS 6,5
Diantara beberapa universitas terbaik, memberikan syarat untuk skor IELTS 7,0. Apabila anda telah belajar Toefl, kemudian ingin mengkonfersi dari Toefl ke IELTS. Silahkan mengukur kemampuan bahasa Inggris anda, menggunakan tabel berikut.

Tabel perbandingan skor IELTS ke Skor TOEFL

TOEFL Paper TOEFL Computer TOEFL IBT IELTS Equivalent
625 – 680 263 – 300 113 – 120 7.5 – 9.0
600 250 100 7.0
575 232 90 – 91 6.5
550 213 79 – 80 6.0
525 196 69 – 70 5.5
500 173 59 – 60 5.0
475 152 49 – 50 4.5
450 133 39 – 40 4.0
425 113 29 -30 3.5

Skor IELTS 6,0, setara dengan skor TOEFL 550. Dan skor IELTS 7,0 setara dengan skor TOELF 600.
Dikutip dari, dari http://www.eurogates.nl/en-TOEFL-IELTS-score-conversion/ .

Tabel diatas bertujuan untuk memetakan posisi pada saat ingin melanjutkan belajar. Anda bisa membandingkan berapa nilai Toefl yang dimiliki dan selisih yang harus dikejar. Di Phinisi Course kami telah membagi level untuk kelas Toefl dan IELTS diantaranya: kelas untuk dasar, menengah atau advance, dan kelas high. Silahkan konsultasi lewat line atau whatsapp di nomor ini 085 279 366 625 untuk mengetahui kelas yang cocok untuk anda.

Berapa biaya test IELTS?
Tes IELTS tergolong mahal. Mulai dari US$ 195 hingga US$ 220. Apabila dirupiahkan dengan kurs saat ini, maka ada di kisaran Rp2.800.000,-. Sertifikat tes IELTS berlaku hingga 2 tahun.
Karena tes IELTS ini begitu mahal, maka kamu harus mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Kapan test IELTS?
Sepanjang tahun pihak penyelenggara IELTS telah menetapkan waktu tes, umumnya diselenggarakan pada hari sabtu sementara hasil tes akan keluar 13 hari setelah tes. Hasil tes bisa anda cek secara online dan print out-nya dikirim alamat atau bisa diambil direfresentative pada tiap-tiap kota.

Setelah mempelajari artikel diatas dengan beberapa komunikas-komunikasi bersama rekan anda kemudian telah menentukan kapan ingin tes IELTS sebaiknya mendaftarlah 1-2 bulan sebelumnya. Karena pada beberapa periode yang berlalu, tes IELTS bisa penuh. Terutama saat menjelang penutupan deadline beasiswa.

Biaya belajar IELTS di Phinisi Course Kampung Inggris
Rp. 1.500.000/bulan disemua level+camp/asrama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *